Kamis, 07 Maret 2013

KPA Pemuda (WAHYU 12)

Syalooom...............
Nah seperti yang sudah menjadi Komitmen PA. makarios maka pada setiap hari kamis dalam minggu PA. Makarios akan mengadakan KPA di tempat dari Kel M. Tinangon, dan pada kesempatan yang indah ini penulis ingin membagikan hasil KPA yang telah di adakan tadi malam 7/3-2013 yang dipimpin oleh beberapa sumber, yaitu ada Ibu Debora yang akrab di sapa Tnt. Debo yang pada malam itu sebagai narator tentang pembahasan kita, disitu hadir juga Bpk. Roy Mandey, dan Pdt. N. Moniaga.
dalam KPA tersebut ada beberapa tamu lama dan ada juga beberapa yang baru (kita doakan saja agar mereka cepat menerima akan kebenaran Tuhan)

Pembahasan kami tadi malam adalah apakah bisa kita sebagai umat kristen memajang gambar Yesus di dalam rumah atau dimana saja.? dan yang kedua kita membahas tentang tulisan Yohanes dalam buku wahyu 12.
seruh kan.? ^_^

untuk pembahasan pertama Bpk. Roy menjelaskan bahwa sesungguhnya gambar Yesus yang beredar di pasaran hanyalah gambar hayalan dari seorang pelukis terkenal yaitu Leonardo Davinci, jadi untuk memajang gambar/lukisan wajah Yesus itu tidak salah, cuman sekarang banyak orang yang salah mengaplikasikan lukisan tersebut dalam kehidupan rohani mereka, ingat dalam 10 hukum di tulis jangan ada padamu allah lain di hadapan Ku, di zaman yang moderen gambar Yesus sudah menjadi allah lain dalam kehidupan kita. Bpk. Roy juga menyaksikan pengalaman beliau saat pergi ke Israel nah disana beliau bersama istri melihat ada begitu banyak orang yang datang dari berbagai negara dan menangisi di tempat-tempat yang menjadi keyakinan orang bahwa Yesus pernah hadir disitu, jadi seakan-akan tempat-tempat bersejarah ini telah menjadi allah lain dalam kehidupan banyak orang kristen sekarang ini, nah pada penghujung pembahasan ini juga Pdt. Moniaga juga menambahkan, jangan kan gambar wajah Yesus, Alkitab pun bisa jadi allah lain dalam kehidupan kita, saat alkitab kita jatuh pasti dengan cepat kita ambil dan bersihkan dan di cium-cium walaupun kalau dirumah buku itu tidak pernah dibuka/dibaca .
Tampak Bpk. Roy Mandey  sedang memberikan penjelasan mengenai gambar Yesus

 
nah sekarang :
1. Apa sih maksud dari  tulisan wahyu 12 ?
2. Kenapa ada cerita mistik ?
3. Tulisan-tulisan di buku wahyu 12 sangat membingungkan saya tidak mengerti apa maksudnya.! kenapa Yohanes menulis buku yang aneh seperti ini apakah dia gila pada saat menulisnya ?

Sdr. M. Tinangon
Nah itu adalah sebagian kecil dari sekian banyak pertanyaan tentang buku wahyu 12, pasti dalam pikiran kita masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan tentang wahyu 12, dan untuk menjawabnya penulis akan membagikan sebagian dari pembahasan kami tadi malam di dalam Kelompok Peduli / KPA (Kelompok Pendalaman Alkitab).

Sebelum membaca artikel ini ada baiknya kita berdoa terlebih dahulu minta tuntunan Roh Kudus dan membaca buku Wahyu 12, karena jika kita tidak berdoa dan baca buku wahyu 12 terlebih dahulu pasti kita merasa kebingungan dengan pembahasan ini.

Untuk memudahkan penulis melampirkan tulisan Wahyu 12 check it dot.!



12:1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.
12:2 Ia sedang mengandung dan dalam keluhan dan penderitaannya hendak melahirkan ia berteriak kesakitan.
12:3 Maka tampaklah suatu tanda yang lain di langit; dan lihatlah, seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota.
12:4 Dan ekornya menyeret sepertiga dari bintang-bintang di langit dan melemparkannya ke atas bumi. Dan naga itu berdiri di hadapan perempuan yang hendak melahirkan itu, untuk menelan Anaknya, segera sesudah perempuan itu melahirkan-Nya.
12:5 Maka ia melahirkan seorang Anak laki-laki, yang akan menggembalakan semua bangsa dengan gada besi; tiba-tiba Anaknya itu dirampas dan dibawa lari kepada Allah dan ke takhta-Nya.
12:6 Perempuan itu lari ke padang gurun, di mana telah disediakan suatu tempat baginya oleh Allah, supaya ia dipelihara di situ seribu dua ratus enam puluh hari lamanya.
12:7 Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu  dibantu oleh malaikat-malaikatnya,
12:8 tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga.
12:9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.
12:10 Dan aku mendengar suara yang nyaring di sorga berkata:  "Sekarang telah tiba  keselamatan dan kuasa  dan pemerintahan Allah kita,  dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya,  karena telah dilemparkan ke bawah  pendakwa saudara-saudara kita,  yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita.
12:11 Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba,  dan oleh perkataan kesaksian mereka.  Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.
12:12 Karena itu bersukacitalah,  hai sorga dan hai kamu sekalian yang diam di dalamnya,  celakalah kamu, hai bumi dan laut!  karena Iblis telah turun kepadamu,  dalam geramnya yang dahsyat,  karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat."
12:13 Dan ketika naga itu sadar, bahwa ia telah dilemparkan di atas bumi, ia memburu perempuan yang melahirkan Anak laki-laki itu.
12:14 Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.
12:15 Lalu ular itu menyemburkan dari mulutnya air, sebesar sungai, ke arah perempuan itu, supaya ia dihanyutkan sungai itu.
12:16 Tetapi bumi datang menolong perempuan itu. Ia membuka mulutnya, dan menelan sungai yang disemburkan naga itu dari mulutnya.
12:17 Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.
12:18 Dan ia tinggal berdiri di pantai laut.


setelah membacanya pasti langsung muncul pertanyaan-pertanyaan kan.?
nah.....
mari kita bahas satu per satu wahyu 12 ini baca kembali ayat 1 dan 2
Nah disini Pdt. Moniaga menjelaskan bahwa
Pdt. N. Moniaga sedang menjelaskan tentang Wahyu 12
dalam penglihatan rasul Yohanes dia melihat ada seorang perempuan yang berselubungkan matahari dan bulan di bawah kakinya, dan ada sebuah mahkota 12 bintang diatas kepalanya dan
sedang merasa sakit hendak melahirkan. Artinya, perempuan sama dengan gereja dalam pelajaran kita ini sudah diketahui. Berselubungkan matahari artinya gereja berada ditangan Yesus, karena matahari itu adalah lambang Yesus. Bulan dibawah kakinya adalah hukum Musa atau bayang-bayang itu sudah ditiadakan karena yang sebenarnya adalah matahari itu atau Yesus Kristus. Mahkota dengan dua belas bintang artinya gereja itu didasarkan pada pekabaran dua belas rasul Yesus. Jadi dua belas bintang adalah dua belas rasul Yesus. Ia sedang mengandung dan dalam keluhan dan dalam penderitaannya hendak melahirkan dan ia berteriak kesakitan. Artinya gereja yang suci bertambah banyak anggotanya tetapi mendapat penganiyaan dan merasa sakit dan sengsara dengan sangat sambil berteriak seperti perempuan yang hendak melahirkan. Inilah gambaran gereja ALLAH yang suci itu bilamana akan dianiaya pada zaman akhir, tetapi dalam perlindungan matahari yaitu Yesus Kristus.

 ayat selanjutnya rasul Yohanes mendapat pengelihatan dimana ada seekor naga yang berwarna merah besar dan berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh dan di atas kepalnya terdapat tujuh mahkota dan ekornya menyeret 1/3 dari bintang-bintang dilangit dan melemparkannya ke bumi Dan naga itu berdiri di hadapan perempuan yang hendak melahirkan, untuk menelan Anaknya, segera sesudah perempuan itu melahirkan-Nya.
nah naga ini mengartikan bahwa setan si ular tua yang pada waktu itu menggoda nenekmoyang kita hawa untuk memakan buah pengtahuan baik dan jahat yang di larang oleh Tuhan, warna merah menunjukan bahwa setan ini sangat marah kepada wanita (gereja) ini yang melahirkan anak (umat yang percaya) sehingga setiap kali umat percaya yang di lahirkan oleh gereja pasti di ajak/digoda untuk mengikuti si setan ini,  Itulah setan yang selalu berusaha untuk menghancurkan atau membinasakan gereja ALLAH. Ia hendak menelan anak perempuan itu. Maksudnya adalah usaha setan untuk membinasakan Anak ALLAH dan gerejaNya, 1/3 bintang adalah gambaran dimana padasaat terjadi kecemburuan lusifer terhadap Allah sehingga naga ini menyeret 1/3 dari malaikat-malaikat yang ada di surga untuk mengikuti dia dan akhirnya mereka di buang ke bumi. (12:9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.)
 Wahyu 12:11 Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba,  dan oleh perkataan kesaksian mereka.  Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut. 
artinya setan telah dikalahkan melalui kedatangan ALLAH yang bereinkarnasi menjadi seorang manusia, karena naga ini sangat memebnci-Nya karena setan ini berpikir selalu saya (naga) harus ikut mau-Nya saja terus harus ini dan itu sedangkan Dia (TUHAN) tidak mau jika di suruh, makanya Tuhan buktikan bahwa pandangan si naga itu salah ketika Tuhan datang dengan sosok manusia biasa ke bumi ini dan Dia telah mati di salibkan Dialah darah Anak Domba


Oh..... iya perlu diketahui juga kenapa Yohanes menuliskan buku wahyu dengan banyak simbol-simbol.?
pada saat beliau menulis buku wahyu ini dia berada dipulau patmos, dimana pada jaman itu pulau tersebut adalah pulau pengasingan bagi orang-orang jahat, makanya yohanes di buang ke pulau tersebut, sehingga ketika yohanes mau mengirim surat-surat ini harus melalui tentara-tentara roma pada saat itu, jadi kalau yohanes menulis dengan yang sebenarnya pasti surat ini tidak akan sampai pada tujuannya karena ini ada hubungannya dengan roma, makanya ketika tentara roma membaca suratnya yang dalam simbol-simbol maka diaanggap bahwa yohanes ini telah gila sehingga dia hanya menjadi bahan tertawaan tentara-tentara, dan surat-suratnya ini pun bisah sampai ke tujuan yaitu kepada ketujuh jemaat (efesus, smirna, pergamus, tiatira, sardis, filadelfia, dan laodikia)

Nah itu lah sebagian dari pembahasan yang bisa diingat oleh penulis, kalau ada yang kurang jelas tentang pelajaran di atas silakan berikan pertanyaan anda di komentar dan nanti akan di jawab.

Sekilas info: Puji Tuhan dari beberapa tamu yang datang ada 1 teman pemuda yang minta di doakan agar supaya dia cepat mengerti dan cepat di baptiskan juga. mari kita bantu doakan teman-teman kita yang lain juga agar cepat mengambil keputusan untuk mengikut Tuhan dalam Baptisan sebelum pintu kasihan ditutup
ingat Wahyu 12:17 Maka marahlah naga (setan) itu kepada perempuan (gereja) itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar