Senin, 12 Agustus 2013

Rahasia Pola Hidup Sehat

Rahasia Pola Hidup Sehat.? mau dong... ^_^

Pasti ada banyak orang yang ingin menjalankan hari-hari mereka dengan tubuh yang sehat termasuk saya sendiri. Oleh karena itu saya ingin bagikan "8" Rahasia Pola Hidup Sehat yang saya baca dari buku Penemuan Baru Jld. 2 Pelajaran yang ke 18.
Di situ dikatakan bahwa ribuan tahun yang lalu firman Allah menunjukan hubungan yang penting antara pikiran dan tubuh yang baru saja diterima sebagai teori dalam bidang kedokteran "Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang." Amsal 17:22

Menurut Rasul Yohanes, berapa eratkah hubungan antara pikiran dan tubuh dengan kesehatan rohani kita.? "Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan SEHAT-SEHAT SAJA DALAM SEGALA SESUATU, sama seperti jiwamu baik-baik saja." 3 Yohanes 1:2

Pencipta kita ingin agar kita sehat-sehat saja firman Allah bisa menjadi sumber kesehatan kita, dan juga sebagai sumber kehidupan kekal. Karena kesehatan pikiran dan tubuh serta kesegaran rohani berjalan bergandengan tangan, Paulus menyampaikan himbauan ini "....... Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatuyang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah." 1 Kor 10:31



Injil mencakup pemulihan tubuh dan roh. pola hidup sehat dapat menolong kita menjadi orang kristen yang bersemangat. berikut ini terdapat "8" prinsip yang baik diikuti jika anda benar-benar menghidupkan sesuatu kehidupan yang lebih sehat dan lebih berhasil guna.

1. Udara Bersih
Udara bersih dan segar sangat dibutuhkan untuk kesehatan kita. Ventilasi (tempat masuk keluar udara) yang cukup dirumah dan di tempat kerja pada hari siang dan pada waktu tidur malam hari, menjamin bahwa darah kita akan cukup menyalurka oksigen ke seluruh tubuh kita.
Jenis udara yang kita hirup sangatlah penting. Hati-hati agar kita tidak menghirup asap, gas atau bakteri dari udara dari suatu sumber yang tidak diketahui asalnya. Merokok mengotori udara dan merupakan salah satu pembunuh terbesar.
Peneliti ilmiah telah menegaskan hubungan sebab-akibat antara tembakau dan kanker paruu, emphisema (pembengkakan paru) dan penyakit jantung. ketagihan tubuh pada nikotin membuat para perokok sulitsekali meninggalkan kebiasaan itu.

2.CahayaMatahari
Manfaat cahaya matahari itu banyak:
a. Lima belas sampai 20 30 menit berjemur dibawah matahari di pagi atau sore hari menolong tubuh menyerap atau membuat sendiri vitamin D menolong darah menghasilkan kalsium dan fasfor yang membangun dan kepadatan tulang.
b. Cahaya matahari berfungsi sebagai pembasmi kuman dan pencegah infeksi/peradangan.
c. Matahari memberikan tenaga kepada tumbuh-tumbuhan untuk mengubah karbon diaksida dan air menjadi karbohidrat (tanpa proses ini hewan dan manusia akan mati kelaparan).
d. Cahaya matahari juga menolong  seorang menyesuaikan diri dengan pekerjaan di malam hari dan memulihkan tekanan yang berhubungan dengan siang hari yang gelap di musim dingin.
PERINGATAN: Cahaya matahari juga bisa berbahaya, berjemur terlalu lama bisa membuat kulit terbakar meningkatkan resiko kanker kulit, mempercepat penuaan, merusak mata dan mengakibatkan katarak di mata.

3. Istirahat
Tubuh harus beristirahat untuk memperbaiki dirinya sendiri. Kita harus meluangkan waktu untuk memulihkan ketegangan kerja dan tanggungan kerja dan tanggung jawab keluarga. Tanpa istirahat yang cukup orang sering kali menjadi gugup, mereka merasa takut, tertekan dan mudah tersinggung. ketegangan emosi seperti ini bisa membuat orang sakit, yang memaksa kita untuk harus beristirahat, yaitu sesuatu yang di kehendaki tubuh selalu tidak ada pengganti untuk tidur nyenyak di malam hari.
membedayakan batere rohani kita setiap hari juga penting untuk kesehatan tubuh. waktu untuk renungan setiap hari bagi orang kristen, belajar Alkitab dan berdoa akan menyembuhkan tubuh dan jiwa,. Kita juga perlu istirahat dari pekerjaan, satu hari istirahat tiap minggu dan liburan tahunan atau satu semester.

4. Gerak Badan
Gerak badan penting bagi kesehatan:
a. Gerak badan menolong menormalkan tekanan darah.
b. Gerak badan membuat lebih banyak darah sampai keseluruh tubuh dan menjaga kehangatan di bagian tubuh yang paling jauh
c. Gerak badan memulihkan tekanan tubuh dan perasaan, menolong kita merasa lebih baik dalam kehidupan ini. Gerak badan biasanya obat terbaik mengatasi kekuatiran dan tekanan hidup (stres).
d. Gerak badan menyediakan tenaga listrik untuk otak dan sel-sel daraf. itu akan menyehatkan dengan merangsang sistem kekebalan . Bila tubuh tetap bergerak secukupnya maka otak akan berpikir lebih kreatif dan berdaya guna.
e. Gerak badan menjaga kulit dantubuh tetap segar bugar.
f. Gerak badan membuat kita lebih bersemangat, dan memperlambat kelelahan tubuh dan pikiran
g. Gerak  badan menolong otak untuk memproduksi zat kimia yang membuat kita merasa sehat dan meningkatkan koleransi terhadap rasa sakit.

Marilah kita bergerak badan, mulailah dengan lambat dan tingkatkan secara perlahan-lahan sementara kita meningkatkan daya tahan kita.
baik sekali berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai. Tujuan kita seharusnya adalah melakukan gerak badan apa pun, yang sebanding dengan berjalan kaki 1 1/2 Km dalam 15 menit, 4 - 5 kali seminggu.

5. Air
Karena air perlu untuk semua sel tubuh, jadi kita harus minum air secukupnya.
a. 70% dari berat tubuh terdiri dari air.
b. Tubuh memerlukan sekitar 2 1/2 liter air/hari untuk untuk menjelaskan fungsinya seperti bias.(peredaran darah, pencernaan, pengangkutan zat, makanan, dan pembuangan kotoran)
c. Manusia pada umumnyamempunyai antara 15-40 milyar sel otak. Tiap sel mengandung 70 sampai 85 % air. Air yang cukup untuk di salurkan kepada sel-sel ini akan membantu mental kita selalu siap, membantu mencegah depresi dan mudah tersinggung.
d. Bukan hanya air yang kita minum yang penting, tetapi mandi dengan air dingin atau air hangat tiap hari memperbaiki peredaran, sehingga memberdayakan tubuh dan pikiran. mandi juga menenangkan saraf yang terganggu, yang bisa mengakibatkan penyakit karena menurunya sistem kekebalan tubuh. Mandi juga membuang kotoran di klit dan menurunkan demam.

6. Makanan Yang Baik
Pada waktu penciptaan Allah menyuruh Adam dan Hawa makan kacang-kacangan, padi-padian dan buah-buahan (kej 1:29). Setelah Adam & Hawa berdosa daun-daunan ditambahkan ke makanan mereka (Kej 3:18). Setelah air bah, Pencipta menambakan makanan daging yang halal ke dalam makan mereka (Kej 7:2-3;9:1-6).
daging hewan mengandung lemak jenuh dan kolestrol, yang meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, strok, sakit jantung, kanker, kegemukan, penyakit kencing manis dan penyakit lainnya.
Sekarang banyak dokter menasehatkan mereka yang memakan daging agar hanya memakan daging ikan dan daging yang tidak berlemak dan di masak dengan baik-baik, tidak dalam jumlah yang banyak dan juga tidak boleh terlalu sering.
Oleh karena itu orang yang vegetaris lebih sehat dan hidup lebih lama, banyak pakar di bidang gizi dan kesehatan menganjurkan kita untuk kembali pada makan asli manusia yaitu kacang-kacangan, padi-padian dan buah-buahan dan ditambah dengan sayur-sayuran.
Jika kita ingin memolai makan makan vegetaris, pastikan bahwa anda mula-mula menerti bagaimana sebenarnya menyiapkan makan yang seimbang tanpa daging. Makanan lima atau enam porsi berbagai kacang-kacangan, padi-padian dan buah-buahan sertasayur-sayuran. Penting sekali mengikutsertakan sari buah ke dalam makanan bersama-sama denga sayuran berwarna hijau dan kuning.
Mereka yang memilih daging sebagai bagian dari makanan mereka, harus makan daging yang Alkitab sebutkan sebagai makanan yang HALAL. Ketika Allah memberikan manusia izin untuk memakan daginf setelah air bah  (Kej 7:2-3, Imam 11:47), ia menjelaskan daging mana yang halal dan daging mana yang haram. Baca Imamat 11 dan Ulangan 14 tentang daftar burung-burung, binatang dan ikan yang Allah katakan tidak boleh menjadi makanan kita. Menurut fasal ini, hewan yang halal harus berkuku belah dan memamah biak, Ikan yang halal haruslah bersisik dan bersirip, Burung pemakan bangkai bangkai tidak boleh dimakan.
Diantara binatang-binatang yang haram, babi disebut secara khusus dan dilarang untuk dimakan (ulangan 14:8). Presentasi yang tinggi dari tubuh manusia yang diotopsi terinfeksi dengan cacing pita babi. Cacing yang kecil ini terjangkit kepada orang yang memakan babi yang terinfeksi. peneliti ilmiah sekarang ini mengungkapkan mengapa Allah menetapkan bahwa beberapa jenis daging itu haram. Mungkin salah satu alasannya adalah bahaya penyakit. Sebab lain mungkin akibat yang merusak dari lemak jenuh terhadap sistem pencernaan manusia.

7. Hindarkan Hal-hal Yang Merusak
Apa peringatan Alkitab mengenai minuman beralkohol.?
"Anggur adalah pencemooh, minuman keras adalah peribut, tidaklah bijak orang yang terhuyung-huyung karenanya." Ams 20:1

"Pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah." Kor 6:10 
Alkohol mempengaruhi system kekebalan tubuh berikut ini:
a. sistem kekebalan - Alkohol menurunkan kemampuan sel darah putih untuk menyaring penyakit, sehingga meningkatkan resiko sakit pernafasan, tuberculosis, hepatitis dan beberapa jenis kanker.

b. Sistem endokrin - Dengan hanya dua atau tiga gelas alkohol sehari akan meningkatkan resiko keguguran, kematian bayi dalam kandungan dan kelahiran bayi yang belum cukup umur.

c. Sistem peredaran - Penggunaan alkohol meningkatkan resiko penyakit pembulu darah jantung, mengurangi gula darah dan meningkatkan lemak darah dan tekanan darah sehingga meningkatkan tekanan darah tinggi.

d. Sistem pencernaan - Alkohol melukai perut sehingga menyebabkan pendarahan perut/lambung kebiasaan menggunakan alkohol meningkatkan resiko hati berlemak, hepatitis, dan kanker hati.

Alkohol bertangung jawab atas besarnya presentase bunuh diri, kematian akibat kecelakaan motor/mobil, pelecehan anak-anak dan pertengkaran dalam rumah tangga.

8. Percaya Pada Kuasa Ilahi
Seorang yang dihantui oleh rasa takut dan rasa bersalah akan mendapati sulit mendapat manfaat sepenuhnya dari praktek hidup sehat yang barusaja kita uraikan. Tetapi seorang yang memiliki iman positif kepada Allah akan menikmati kesehatan yang prima.
"Pujilah Tuhan, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!
Dia yang menampuni segala keselamatanmu, Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat."  Mazmur 103:2-4
David Larson, seorang konsultan dari lembaga kesehatan mental diamerika mengadakan penelitian yang cermat mengenai hubungan antara agama dan kesehatan. Penelitianya menunjukkan hubungan yang langsung antara penyerahan orang kristen dan kesehatan. Ia terkejut mempelajari: mereka yang menghadiri hereja hidup lebih lama dari mereka yang tidak. Pengunjung gereja yang setia kurang terkena serangan jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya. Mereka yang beriman kepada Allah hidup lebih produktif karena mereka kurang tertekan, tidak peminum alkohol, dipenjarakan karena pelanggaran hukum berulang kali atau terperangkap pada perkawinan yang tidak bahagia. Percaya kepada Allah adalah kunci kepada kebugaran yang sebenarnya adalah hidup sehat dan bahagia.
Sekitar 50.000 orang Advent berumur di atas 30 tahun di teliti khususnya di Calivornia dan hasilnya menunjukan pria Advent hidup 8.9 tahun lebih lama dan wanita 7.5 tahun lebih lama dari pada penduduk pada umumnya. Penelitian ini juga di buat di Negeri Belanda, Norwegia dan Polandia menunjukan hasil yang sama. para peneliti menghubungkan jangka hidup orang Advent dengan penurutan mereka kepada sebagian atau semua dari delapan prinsip kesehatan yang dikemukakan dalam pelajaran ini. Mereka yang menurut prinsip-prinsip ini bukan hanya lebih lama tetapi juga mempunyai kwalitas hidup yang jauh lebih baik.
Merupakan pandangan Alkitab ke dalam hidup kita membuat perbedaan dalam semua jalan kehidupan yang praktis, memberikan bukti yang meyakinkan bahwa kekristenan adalah agama yang paling praktis dan masuk akal di seluruh dunia.
Karena hubungan yang dekat antara pikiran, tubuh dan kehidupan rohani kita, orang Kristen yang menghidupkan firman Allah akan mau menuruti prinsip-prinsip pola hidup sehat sementara mereka menyediakan diri bagi kedatangan Yesus yang kedua (1 Yohanes 3:1-3). Kristus bukan hanya mau kita bersedia bertemu dengan Dia bila Ia datang kembali. Ia juga mau meningkatkan kualitas hidup kita sekarang.
Yesus berjanji membebaskan kita dari semua kebiasaan yang merusak melalui kuasa-Nya "yang bekerja dalam diri kita" (Efesus3:20). jika kita berusaha mengalahkan kebiasaan yang merusak tubuh seperti menggunakan alkohol tembakan atau minuman alkohol, niat anda yang baik untuk meninggalkan hal itu sering mengalami kegagalan. tetapi dengan memohon kuasa Allah yang bekerja dalam diri kita, Allah akan memberikan kita kekuatan untuk mengalahkannya. Firman Allah berjanji: "Segala perkara dapat kutanggung dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku." (filipi 4:13).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar